MONEV KEGIATAN PENGELOLAAN RUANG LAUT (PRL) TAHUN 2016

Kamis, 17 Nopember 2016

Ir. Made Dwi Wirya Astawa, M.Agb (tengah) Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Bali membuka Acara Monev Pengelolaan Ruang Laut mewakili Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Bali didampingi Dra. Ni Nyoman Sudarmini, M.Sc (kanan) Kepala Bidang Pengkajian dan Pengembangan, dan Ir. Nengah Sugiartha (kiri)  Kasi Kelautan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali di Ruang Rapat UPT Perbenihanan Sangeh Kabupaten Badung (16/11).

MONEV KEGIATAN PENGELOLAAN RUANG LAUT (PRL) TAHUN 2016

Ir. Dwi Wirya Astawa, M.Agb membacakan sambutan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali mengatakan; Kegiatan PRL tahun 2016 di Provinsi Bali  tertuang dalam Program Pengelolaan Ruang Laut, yang tersusun dalam 5 kegiatan yaitu (1) Perlindungan dan Pemanfaatan Kawasan Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut; (2) Penataan dan Pemanfaatan Jasa Kelautan; (3) Pendayagunaan Pesisir; dan (4) Perencanaan Ruang Laut; (5) Peningkatan Dukungan Manajemen dan Pelaksanaan Tugas Teknis Lainnya Ditjen PRL. Masing-masing kegiatan tersebut memiliki output dan dirinci lagi menjadi beberapa komponen kegiatan.

Sasaran yang hendak dicapai dalam pertemuan Monitoring dan Evaluasi ini adalah mengevaluasi kegiatan Dekonsentrasi (Perkembangan kegiatan 2016) khususnya berkaitan dengan output dan outcome/pemanfaaatan hasil-hasil oleh masyarakat dan daerah setempat; Mengidentifikasi dan menginventarisasi permasalahan yang dihadapi serta memberikan upaya solusi pemecahannya; Memberikan masukan serta saran kepada pimpinan, terutama yang berkaitan dengan kebijakan perencanaan yang akan datang.

Monitoring dan Evaluasi merupakan salah satu bagian dari unsur pengendalian yang dalam pelaksanaannya sangat diperlukan dan berfungsi sebagai kontrol dan tolok ukur setiap program/kegiatan yang dilaksanakan. Monev adalah suatu cara, sistem dan pola penyajian informasi formal yang obyektif dan teratur dengan dukungan fakta yang tersusun dalam bentuk yang tertata dan terstruktur. Monev mampu menyajikan semua informasi yang berkaitan dengan perkembangan pelaksanaan kegiatan secara obyektif sehingga dapat dilakukan tindakan koreksi secara cepat dan tepat apabila dalam pelaksanaannya ditemui permasalahan yang diperkirakan dapat mempengaruhi pencapaian tujuan dan sasaran program/kegiatan yang telah ditetapkan.

Berkaitan dengan pelaksanaan program/kegiatan di bidang Kelautan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil maka Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali selaku pengelola program/kegiatan Satker DKP Provinsi Bali (07) secara berkala berkewajiban melaporkan hasil pelaksanaannya kepada Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut. 

Monitoring dapat diartikan sebagai usaha terus menerus atau berkala mengamati/mempelajari mengenai indikator kinerja (input, output, outcome) dan proses pelaksanaan terhadap pencapaian tujuan dari program/kegiatan. Monitoring dimulai sejak masa persiapan, masa pelaksanaan dan masa paska kegiatan untuk melihat indikator kinerja (input, output dan outcome) yang dicapai, proses pembinaan dan pemeliharaan output sampai dengan dihasilkannya outcome dari setiap kegiatan dan program.

Evaluasi dilakukan bertujuan untuk dapat mengetahui dengan pasti apakah pencapaian hasil, kemajuan dan kendala yang dijumpai dalam pelaksanaan rencana pembangunan dapat dinilai dan dipelajari untuk perbaikan pelaksanaan rencana pembangunan di masa yang akan datang.

Evaluasi dilakukan terhadap hasil monitoring pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahap pra pelaksanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap paska pelaksanaan untuk menilai tercapainya efisiensi dan efektifitas setiap kegiatan lingkup Direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil.

Terima kasih atas keikutsertaan Bapak-bapak / Ibu-ibu dalam kegiatan ini semoga bisa mengikuti acara ini dengan baik dan tertib serta memberikan masukan dalam upaya perbaikan pelaksanaan kegiatan PRL di masa yang akan datang sehingga dapat mengotimalkan  pembangunan sektor kelautan dan perikanan di Provinsi Bali.  Hal tersebut tentu sangat sesuai dengan Visi Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali yaitu ‚ÄúTerwujudnya Bali yang Maju, Aman, Damai dan Sejahtera melalui Pengelolaan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan yang Bertanggungjawab demikan sambutanya.(putuS)

 Denpasar, 18 Nopember 2016

Pranata Humas Penyelia

Informasi