HARI IKAN NASIONAL (HARKANAS)

Senin, 09 Nopember 2015

“HARI IKAN NASIONAL (HARKANAS)”

Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali melaksanakan  kegiatan Hari Ikan Nasional.

 di Halaman Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali Jalan Patimura No.77 Denpasar - Bali pada Hari Jum’at Tanggal 06 Nopember 2016 Pukul 09.00 –WITA sampai selesai  Kegiatan ini diikuti oleh Guru dan anak-anak Sekolah Dasar Negeri 17 Dangin Puri, SMKN 3 Denpasar, Anggota Forikan Provinsi Bali, Kepala Dinas yang membididangi Kelautan dan Perikanan Kabupaten/Kota se-Bali, TP-PKK Kabupaten/Kota se- Bali serta seluruh karyawan/karyawati Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali diadakan peringatan Hari Ikan Nasional.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ny. Ayu PastikaIbu Gubernur Bali selaku Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional Provinsi Bali (FORIKAN) didampingi Ir. I Made Gunaja, MsiKepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali.  

            Ir. I Made Gunaja, Msi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali dalam sambutanya; Mengawali laporan ini, marilah kita semua menghaturkan puja pengastuti angayubagia kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa karena berkat Asung Kertha Wara NugrahaNya maka kita dapat berkumpul ditempat ini dalam keadaan sehat walafiat guna bersama-sama mengikuti rangkaian acara peringatan Hari Ikan Nasional (HARKANAS) ke-2, Gebyar Promosi Olahan Lele dan Difusi Inovasi Menu Masakan Hasil Laut  yang kita laksanakan pada hari ini.

Kami manghaturkan terimakasih kepada Ibu Gubernur yang telah berkenan hadir bersama kita, demikian juga kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh undangan yang hadir pada kegiatan ini.

Pada kesempatan yang baik ini ijinkan kami melaporkan beberapa hal yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan yang kita laksanakan hari ini.

 

A.   Dasar Hukum Pelaksanaan :

a.    Keputusan Gubernur Bali Nomor 1064 /03-J/HK/2010, tanggal 12 Oktober 2010 tentang Pembentukan dan Susunan Keanggotaan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (FORIKAN).

b.    Surat Pengesahan Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali Tahun Anggaran 2015 Nomor : 918/36/DPA/2015 tanggal 2 Januari 2015.

c.    Daftar Isian Pengguna Anggaran (DIPA) Satuan Kerja Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali (06) Tahun Anggaran 2015 Nomor : DIPA-032.06.3.229056/2015, tanggal 5 Desember 2015.

d.    Keputusan Gubernur Bali Nomor738/03-J/HK/2015, tanggal 4 Pebruari 2015 tentang Pembentukan dan Susunan Keanggotaan Panitia Gebyar Promosi dan Demo Olahan Ikan.

 

 

B.   Tujuan :

Tujuan dilaksanakannya Peringatan Hari Ikan Nasional (HARKANNNAS) ini adalah :

a.    Mengajak dan Mengingatkan kepada seluruh masyarakat bahwa kita bangsa Indonesia memiliki potensi sumberdaya perikanan yang melimpah, yang bias dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan, kesehatan dan kecerdasan bangsa.

b.    Mengajak seluruh lapisan masyarakat, terutama anak-anak generasi penerus bangsa untuk sejak dini gemar makan ikan, mengingat ikan memiliki komposisi nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, kecerdasan dan pertumbuhan.

c.    Mendorong minat masyarakat untuk terus berkreasi menciptakan menu masakan ikan yang baru dan menarik sehingga dapat meningkatkan minat masyarakat untuk mengkonsumsi ikan.

d.    Mangangkat citra ikan lele sebagai menu masakan yang bersih, sehat dan bergizi sehingga masyarakat tidak canggung untuk mengkonsumsi ikan lele, yang saat ini sudah diproduksi oleh  para pembudidaya ikan dengan menerapkan Cara BudidayaIkan yang Baik (CBIB)

C.   Sumber Anggaran :

Anggaran kegiatan ini bersumberdari:

a.  DPA Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali Tahun Anggaran 2015.

b.  DIPA Satuan Kerja Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali (06) Tahun Anggaran 2015

D.   Tempat dan Waktu Pelaksanaan :

Peringatan HariIkan Nasional (HARKANNAS), Gebyar Promosi Olahan Ikan dan Difusi Menu Masakan Hasil Laut dilaksanakan di Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali.

E.   Peserta :

Kegiatan ini diikuti oleh Guru dan anak-anak Sekolah Dasar Negeri 17 Dangin Puri, SMKN 3 Denpasar, Anggota Forikan Provinsi Bali, Kepal Dinas yang membididangi Kelautan dan Perikanan Kabupaten/Kota se-Bali, TP-PKK Kabupaten/Kota se- Bali serta seluruh karyawan/karyawati Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali.

 

      Rangkaian Peringatan HariIkan Nasional (HARKANNAS) ke 2 yang kita selenggarakan hari ini, merupakan wujud rasa syukur kami Jajaran Dinas Kelautan dan Perikanan bersama para Stake holder pembangunan bidang perikanan terkait, bahwa ikan sudah masuk sebagai komodi taspangan yang strategis disamping sumber pangan lainnya. Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor : 3 Tahun 2014, Hari Ikan Nasional diperingati setiap tanggal 21 Nopember setiap tahunnya.

Dalam upaya mengkampanyekan gerakan makan ikan, berbagai kegiatan dilaksanakan dalam tahun 2015 ini antara lain :

 

 

 

a.      Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Bali yang diikuti oleh TP PKK Kabupaten/Kota.

b.      Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan melalui Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS) dilaksanakan 2 kali yaitu yang pertama pada tanggal 5 Mei 2015 di Kabupaten Bangli dengan menghadirkan 200 orang peserta dari SDN 1,2,3,4 dan 5 Kawan Bangli dan kedua di pada tanggal 4 Juli 2015 Kota Denpasar dengan jumlah peserta sebanyak 200 orang dari SD Cipta Dharma Denpasar.

c.      Lomba Inovasi Menu Masakan Hasil Laut Tingkat Provinsi.

d.      Bazar Aneka Masakan Hasil Perikanan

e.      Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 Nopember2015 di Jakarta, yang pada lomba tersebut Provinsi Bali akan diwakili oleh Tim Penggerak PKK KabupatenTabanan.

f.       Lomba Inovasi Menu Masakan Hasil Laut yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 Nopember 2015 di Jakarta, yang pada acara lomba tersebut Provinsi Bali akan diwakili Siswa SMKN 4 Denpasar.

 

Demikian hal-hal yang dapat kami laporkan dan pada kesempatan ini kami mohon kepada Ibu Gubernur selaku Ketua Forum Peningkatan KonsumsiIkan Nasional (FORIKAN), Provinsi Bali dapat memberikan sambutan dan sekaligus membuka kegiatan Peringatan Hari Ikan Nasional, Gebyar Promosi Olahan Lele dan Difusi Menu Masakan Hasil Laut, serta berkenan memberikan Makanan Tambahan untuk Anak Sekolah.

 

Ny. Ayu PastikaIbu Gubernur Bali selaku Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional Provinsi Bali (FORIKAN) dalam sambutannya mengatakan Hari Ikan Nasional (HARKANAS) telah ditetapkan oleh pemerintah melalui Keputusan Presiden Nomor 3 Tahun 2014 yang menetapkan setiap tanggal 21 Nopember sebagai hari Ikan Nasional, kegiatan hari ini merupakan salah satu wujud gerakan masyarakat makan ikan (GEMARIKAN) dalam rangka terus mendorong peningkatan konsumsi ikan oleh masyarakat. Tingkat konsumsi ikan masyarakat Bali Tahun 2014 mencapai 31,17 kg/kapita/tahun, masih dibawah angka konsumsi ikan nasional sebesar 35 kg/kapita/tahun. Hal ini berdampak pada tingkat kecerdasan (IQ) bayi lahir di Indonesaia 89 sedangkan di ASEAN 91,3. Melalui gebyar ini saya berharap bisa membuka pandangan masyarakat terhadap komoditas ikan, bahwa ikan merupakan sumber makanan yang bergizi tinggi, sudah dibudidayakan dengan cara budidaya ikan yang baik dan dapat diolah menjadi bahan olahan seperti baso, nugget, abon, dan berbagai camilan dan diolah secara utuh dan yang penting harganya terjangkau dan melalui inovasi menu masakan hasil laut diharapkan tumbuh berbagai inovasi teknik pengolahan hasil laut yang menarik enak dan gampang dilakukan oleh masyarakat sehingga minat masyarakat untuk mengkonsumsi hasil laut semakin meningkat, yang pada giliranya akan menggerakan perekonomian  khusunya di tingkat pembudidaya ikan dan masyarakat nelayan ujarnya. Harapanya kegitan seperti ini dapat diagendakan pelaksananya secara rutin, baik ditingkat Provinsi maupun di kabupaten/kota dan mohon peran aktif tim penggerak PKK Kabupaten/Kota dalam menggemakan Gerakan memesyarakatkan makan ikan di masing-masing kabupaten/kota dalam upaya peningkatan konsumsi ikan menjadi masa depan kita ujarnya.(putuS)

 

Denpasar, 9 Nopember 2015.

Pranata Humas Penyelia DKP Prov. Bali

Informasi