GERAKAN MEMASYARAKATKAN MAKAN IKAN (GEMARIKAN) Tahun 2017.

Rabu, 16 Agustus 2017

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali melaksanakan Kegiatan

GERAKAN MEMASYARAKATKAN MAKAN IKAN (GEMARIKAN) Tahun 2017.

Ny. Ayu Pastika selaku Ketua TP PKK dan Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (FORIKAN) Provinsi Bali, membuka acara GERAKAN MEMASYARAKATKAN MAKAN IKAN (GEMARIKAN) dan Pemberian Makanan Tambahan untuk Anak Sekolah (PMTAS) di Kalangan Ayodya, Taman Budaya Denpasar Selasa tanggal 15 Agustus 2017 yang dihadiri oleh Kepala OPD lingkup Provinsi Bali, dan 200 Orang Murid, Kepala Sekolah Sekolah Dasar Negeri 2, 6 Batubulan dan Sekolah Dasar Negeri 6, 11 Kesiman Denpasar.

 Lebih lanjut dalam sambutanya dikatakan perlunya makan ikan untuk kecerdasan otak dan kesehatan dan baik untuk kebutuhan tubuh kita akan nutrisi yang tinggi perlunya makan ikan dari hasil penelitian membuktikan ikan mengandung kompisisi nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan terutama dikonsumsi bagi anak-anak yang sedang masa pertumbuhan oleh karena itu kegiatan ini dikhususkan disasar anak-anak sekolah salah satu kegiatan memberikan makan tamabahan bagi anak anak sekolah dan mengedukasi anak-anak secara dini dengan kegiatan Pemberian Tambahan untuk Anak Sekolah (PMTS) dan lomba menangkap ikan sekaligus mengklasifikasi jenis-jenis ikan yang telah di lombakan oleh panitia.

Dari kegitan lomba semacam ini memberikan informasi dan pemahaman tentang ikan dan dari hasil lomba yang dilaksanakan peserta telah mampu secara dini mengenal jenis-jenis ikan yang dilombakan oleh panitia.

Kegiatan ini dihubur oleh bondres/pelawak Bali yaitu “Sengap” yang tergabung dalam sekaa bondres Celekongtong Mas yang sudah sangat digemari oleh Masyarakat di Bali sehingga suasana kegiatan Gemar ikan kali ini sangat meriah dan anak-anak dan peserta sangat terhibung dalam acara ini.

Sementara itu Ir. I Made Gunaja, M.Si, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali dalam sambutannya menyampaikan laporanya:

1. Dasar Hukum Pelaksanaan :

a. Keputusan Gubernur Nomor 1064/03-1/HK/2010 tanggal 12 Oktober 2010 tentang Pembentukan dan Susunan Keanggotaan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (FORIKAN) Provinsi Bali

b.Surat Pengesahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran Tahun Anggaran 2017 Nomor 918/022/DPA/2017 tanggal 3 Januari 2017

c. Keputusan Gubernur Nomor 1022/03-L/HK/2017 tanggal 7 April 2017 tentang Pembentukan dan Susunan Keanggotaan Panitia dan Narasumber Penyelenggaraan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan/Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (GEMARIKAN/PMTAS)

 2. Tujuan

Tujuan dari dilaksanakannya GEMARIKAN ini adalah dalam rangka mengajak seluruh lapisan masyarakat, terutama anak-anak generasi penerus bangsa untuk gemar makan ikan, mengingat ikan memiliki komposisi nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, kecerdasan dan pertumbuhan. Kegiatan GEMARIKAN kali ini dilaksanakan melalui pemberian Makanan Tambahan Untuk Anak Sekolah (PMTAS) dengan menu produk olahan dari ikan. 

3. Sumber Anggaran

Anggaran kegiatan ini bersumber dari DPA Satuan Kerja Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali Tahun Anggaran 2017 Nomor : 918/022/DPA/2017 tanggal 3 Januari 2017.

4.         Tempat dan Waktu Penyelenggaraan

Kegiatan GEMARIKAN /PMTAS dilaksanakan di Kalangan Angsoka Art Centre Taman Budaya Denpasar

5. Peserta

Kegiatan GEMARIKAN/PMTAS diikuti oleh anak-anak Sekolah Dasar Negeri dua dan enam Batubulan serta Sekolah Dasar Negeri enam dan sebelas Kesiman sebanyak 200 orang.

Serangkaian dengan kegiatan GEMARIKAN/PMTAS di Provinsi Bali, dalam rangka mengajak dan menggugah kemauan masyarakat khususnya Anak-anak generasi penerus bangsa untuk menyukai makan ikan. Pada acara ini saya laporkan kehadapan Ibu Gubernur, bahwa akan ada lomba mengelompokan jenis ikan, agar anak-anak tidak hanya tahu nama ikan tetapi juga tahu bentuk dan ciri-ciri ikan tersebut. Demikian sambutanya.(Putu.S)

 

Denpasar, 16 Agustus 2017

Pranata Humas Penyelia;

 

I Putu Suasana

Informasi