GERAKAN MEMASYARAKATKAN MAKAN IKAN (GEMARIKAN) MELALUI LOMBA MAKAN IKAN DALAM RANGKA HUT PEMERINTAH PROVINSI BALI KE 59.

Selasa, 08 Agustus 2017

poto: Gubenur Bali I Made Mangku Pastika (tiga dari kiri) didampingi Cokorda Ngurah Pemayun, SH,MH Sekretaris Daerah,(empat dari kiri) I Ketut Rochineng, SH, MH Kepala BKD (dua dari kiri) dan Drs. Ketut Teneng, SP, MSi Kepala Inspektorat Provinsi Bali dalam acara GERAKAN MEMASYARAKATKAN MAKAN IKAN (GEMARIKAN) MELALUI LOMBA MAKAN IKAN DALAM RANGKA HUT PEMPROV. BALI KE 59 di Area parker Kantor Gubenur Bali Jalan Basuki Rachmat Niti Mandala Renon Denpasar Hari Rabu (5/8)

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali melaksanakan Kegiatan GERAKAN MEMASYARAKATKAN MAKAN IKAN (GEMARIKAN) MELALUI LOMBA MAKAN IKAN DALAM RANGKA HUT PEMERINTAH PROVINSI BALI KE 59.

di area pakir Kantor Gubernur Bali Jalan Basuki Rachmat Niti Mandala Renon Denpasar  pada Hari Sabtu Tanggal 5 Agustus 2017 Pukul 09.00 WITA dilaksanakan acara GERAKAN MEMASYARAKATKAN MAKAN IKAN (GEMARIKAN) MELALUI LOMBA MAKAN IKAN DALAM RANGKA HUT PEMPROV. BALI KE 59 dengan melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkup Pemprov. Bali dengan jumlah peserta lomba sebanyak 47 orang Kepala OPD sebagai peserta lomba.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Gubernur BaliI Made Mangku Pastika dan didampingi Cokorda Ngurah Pemayun, SH,MH Sekretaris Daerah Provinsi Bali sebagai peserta kehormatan dalam lomba makan ikan.  Ny. Ayu Pastikaselaku Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional Provinsi Bali (FORIKAN) sebagai Juri dalam Lomba ini didampingi Ir. I Made Gunaja, M.Si Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi dan staf.

Dalam lomba makan ikan kali ini peserta yaitu dari Kepala Dinas/Badan Lingkup Pemerintah Provinsi Bali dan khusunya Gubenur Bali I Made Mangku Pastika yang khusus ikut memeriahkan lomba makan ikan ini sehingga acara ini sangat meriah dan ditonton oleh puluhan dari PNS dan Masyarakat yang hadir karena beliau paling cepat dan tertata rapi memakan ikan dengan waktu yang disediakan dengan pihak panitia.

Adapun juara lomba makan ikan pada lomba ini adalah: Juara I (satu) Drs. Ida Bagus Ngurah Arda, M.Si Kepala Badan Pengelola Keuangan & Asset Daerah, Juara II (dua) I Ketut Rochineng, SH, MH Kepala BKD, dan Juara III (tiga) I Wayan Sugiada, SH,MH Kepala Biro Hukum dan Ham, I Dewa Nyoman Patra, SH, MH Kepala dinas Koperasi Dan UKM Provinsi Bali sebagi Juara Terpaporit. Acara dilanjutkan dengan acara Briyag Briyug Pekedek Pekenyem.

A.A. Gede Agung Sanjaya Kabid PBP3 Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali selaku pelaksana Kegiatan ini mengatakan Tujuan diadakan lomba ini adalah untuk memupuk semangat kebersamaan dan kesatuan gerak langkah dalam upaya meningkatkan konsumsi ikan di Bali. 

I Made Gunaja mengatakan menyasar semua lini untuk kegiatan makan ikan ini yang disasar pertama yang sudah dilakukan adalah untuk anak-anak sekolah untuk memperkenalkan sejak dini manfaat makan ikan setalah itu diharapkan anak-anak itu menyukai makan ikan  sehingga menjadi budaya makan ikan, setalah itu anak-anak itu kan tidak sendiri anak-anak itu dirumah ada bapaknya dan ibunya.ujarnya

 

Sedangkan Untuk ibu-ibu yang di Kabupaten sudah dilakukan upaya pembinaan kepada kelompok-kolompok wanita pengolah untuk mengenalkan membuat olahan ikan beraneka ragam menu olahan ikan dengan harapan ibu-ibu bisa berbagai macam olahan meningkatkan pariasi menu ikan olahan. Sekarang mengajak bapak-bapak khususnya Kepala Perangkat Daerah untuk kegiatan lomba makan ikan disamping untuk bisa merasakan makan ikan juga diharapkan bahwa pengetahuan mengenai ikan itu adalah merupakan makanan sehat diharapkan juga menyampaikan kepada anggota keluarganya sebagai kepala keluarga untuk membiasakan makan ikan. 

Sasaranya kedepan semua lini kita sudah garap ibu-ibunya sudah melalui pengolahan masak ikan sedangkan bapaknya sebagai kepala keluarga bahwa makan ikan itu hal yang sehat, bersih, diharapkan seringlah keluarganya untuk mengajak makan ikan. dengan adanya lomba makan ikan ini harapanya masyarakat semakin hari  semakin mencintai dan mengemari makan ikan, karena di Bali ini tingkat konsumsi ikan kita ini masih dibawah tingkat Nasional kerana memang merubah budaya itu tidak mudah karena kita sadar bahwa merubah budaya itu tidak mudah maka sosialisasi ini dengan berbagai macam upaya kita lakukan berharap kepada masyarakat mulailah menikamati mengkonsumsi makan ikan karena makan ikan itu adalah sangat sehat untuk generasi muda menuju generasi yang cerdas dan sehat dengan makan ikan. jelasnya.(putuS)

 Denpasar, 7 Agustus 2017

Pranata Humas Penyelia,

 I Putu suasana

Informasi